KEKHAWATIRAN, ENGKAU TERLALU BERLEBIHAN

Posted on 30 April 2009 by Blog Kesuksesan Hidup

Blog Kesuksesan Hidup | Kekhawatiran, Engkau Terlalu BerlebihanSeringkali kita gagal dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sedang kita hadapi, karena ada kekhawatiran yang berlebihan dalam diri kita, bahwa kita tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut, sehingga dalam usaha-usaha yang kita lakukan, kita tidak dapat menggunakan seluruh kekuatan kita, dan pada akhirnya hanya kegagalan, kekecewaan dan rasa tidak percaya diri yang kita dapatkan.

Pernahkah anda membaca atau mendengar Kata Bijak berikut:
Apa yang terletak di belakang kita dan apa yang terletak di depan kita adalah masalah yang kecil dibandingkan apa yang terletak di dalam diri kita.
- Morrow -

Mungkin kita tidak berpikiran sebijak itu, mungkin kita tidak berpikir bahwa sebenarnya masalah terbesar justru terletak di dalam diri kita.

Ketika masalah-masalah itu datang, kita beranggapan bahwa masalah-masalah yang sedang kita hadapi itu sama halnya dengan sebuah tembok tinggi, besar dan sangat tebal. Kemudian kita bertanya pada diri kita sendiri, "Mampukah aku melewatinya?", dan jawabannya "Pasti aku tidak akan mampu melewati tembok itu. Tidak ada jalan lain bagiku selain mundur..."

Bayangkan ketika kita ingin melewati tembok itu, kita diminta untuk memukul tembok yang tinggi, besar dan tebal tersebut... Apakah kita akan menggunakan seluruh kekuatan kita untuk memukul tembok itu? Atau, apakah kita akan memukul tembok itu dengan sangat keras? Saya rasa tidak... Pasti kita tidak akan mau, karena kita takut akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Sekali lagi, tidak ada jalan lain selain mundur...

Tapi tunggu dulu, sebelum mundur, coba pikirkan ini...

Benarkah demikian? Benarkah masalah-masalah yang sedang kita hadapi tersebut, sekuat dan sekokoh tembok yang tinggi, besar dan tebal itu? Bisakah kita memastikannya?

Atau begini...

Bisakah kita memastikan bahwa permasalahan yang kita hadapi itu tidak bisa kita selesaikan? Dengan kata lain, bisakah kita memastikan apa yang akan terjadi pada hari esok, setelah permasalahan ini berlalu?
Tidak bisa bukan?
Kalau tidak bisa, kenapa kita khawatir? Kenapa kita tidak mencoba menggunakan seluruh kekuatan kita untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sedang kita hadapi?
Bukankah semua masih kemungkinan? Kalau semuanya masih kemungkinan, bukankah ada kemungkinan kita juga akan berhasil mengatasi permasalahan kita tersebut?

Memang yang dapat menilai besar kecilnya atau sukar mudahnya sebuah masalah yang sedang dihadapi adalah diri kita sendiri, namun yang mau saya tekankan disini adalah:
"Gunakanlah seluruh kekuatan kita, gunakan semua pikiran dan tenaga yang kita miliki, dan jangan cepat berputus asa, karena semua yang ada didepan kita termasuk masa depan kita, semuanya hanya kemungkinan, dan belum pasti"
Kalaupun nantinya kita belum berhasil menyelesaikan berbagai permasalahan yang kita hadapi dengan baik dan sesuai dengan harapan kita, percayalah bahwa pada saat hal itu terjadi, sebenarnya pada saat itu juga kita sudah menjadi semakin kuat, dan akan begitu seterusnya...
"Bahwa ketika kita mencoba menyelesaikan setiap masalah dengan seluruh kekuatan kita, bagaimanapun akhirnya, kita akan menjadi semakin kuat"

Satu hal lagi:
Jangan lupa libatkan Tuhan dalam setiap langkah dan usaha kita, karena Dialah yang akan membuat semuanya indah pada waktunya...
Hanya ada satu jalan untuk menuju kebahagiaan dan itu adalah meninggalkan kekuatiran tentang hal yang diluar kekuasaaan kita.
- Epictetus -


Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi sahabat semua.
Terima Kasih.


Sukses Selalu,

Blog Kesuksesan Hidup






Silahkan Baca Juga Artikel Terkait (Related Post) Berikut:

7 komentar:

Tampilkan/Sembunyikan Seluruh Komentar

ina_muth2 mengatakan...

em,... tapi kita harus yakin dulu dunkz klo kita bisa, kita mampu!!! disertai dengan usaha2 kita, tapi tetep yang nentuin Tuhan, kita cuman isa merencanakan dan usaha!! semua toh terserah Dia,...

Nice Post dah,...

marcellino agatha mengatakan...

Artikel anda sangat menarik. Saya tunggu artikel anda berikutnya

Jangan lupa berkunjung ke tempat saya Marcellino

pinkflower mengatakan...

Masalah itu tidak dapat dihindari, yang terjadi.. memang harus terjadi.
Sekarang bagaimana kita harus menghadapi masalah, dengan merasa bahwa itu bukan suatu beban ?
Jika dirimu mendapatkan Masalah, Problema atau Beban kebutuhan hidupmu, maka.... sampai dimana ..Tingkatan Kesadaranmu ?
http://pinkflower9978.blogspot.com/2009/03/rubrik-yaskum-pencerahan-hidup.html

Vicky Bertnus mengatakan...

@ ina_muth2: Bener banget... thx ya...

@ Marcellino: Thanks Marcell. Siap pasti aku berkunjung ke blogmu yang jawara itu kan? hehehe

@ pinkflower
Benar yang terjadi harus terjadi, tetapi apakah kita bisa memastikan hasil akhir dari setiap permasalahan? apakah kita tahu bahwa dalam menghadapi masalah itu kita akan gagal/berhasil? tidak bukan?
Kalau tidak mengapa kita tidak menggunakan seluruh kekuatan yang kita miliki untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?

Nah, pinkflower juga mengatakan bahwa:
bagaimana kita harus menghadapi masalah, dengan merasa bahwa itu bukan suatu beban... justru itu yang sulit dilakukan... pasti setiap masalah akan menimbulkan beban bagi kita...

Sekali lagi yang mau saya tekankan disini adalah seberapa besar dan hebatnya sebuah masalah dan seberapa kuat dan lemahnya kita, kita harus tetap menggunakan seluruh kekuatan kita untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, karena besar dan hebatnya beban, kuat dan lemahnya kita, tidak bisa memastikan bahwa kita akan gagal dalam menyelesaikan permasalah itu.... karena yang tahu masa depan kita hanya Tuhan Yang Maha Esa...
Thanks ya pinkflower...

Nadia Riyanna mengatakan...

hm tapi terkadang kita suka stuck sama diri kita sendiri.. like i did.....

aaLiL BelajarSEO mengatakan...

"Jangan lupa libatkan Tuhan dalam setiap langkah dan usaha kita, karena Dialah yang akan membuat semuanya indah pada waktunya..."

Saya suka potongan kalimat itu.. mantaaabb bos.. keep share

javabis99 | Bisnis n Hobby Blog mengatakan...

Kynya kekhawatiran adl bagian dr ketdk sempurnaan manusia jg, mungkin faktor ini tdk bs 'diusir' 100% samoe nol gitu, yah klo msh ada 10% wajar x ya. Tapi klo berlebihan ya bahaya & merugikan diri sndiri. Setuju dg bang admin, prlu ada upaya maximal & sikap optimis dlm menghadapi maslh, tentu dgn mengucap Basmallah. Terima kasih.

Poskan Komentar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Jika berkenan, silahkan berikan komentar Sahabat.
Jangan pernah ragu untuk beropini atau berdiskusi disini.

Mohon jangan spam, karena dengan berat hati Admin akan menghapus komentar yang dianggap spam dan yang dianggap dapat mengganggu para pembaca artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup.

Sekali lagi terima kasih.

Sukses Selalu...

MARIO TEGUH CORNER - KATA BIJAK DAN MOTIVASI MARIO TEGUH

NILAI MEREKA BAGI ANDA HANYA SETINGGI PENGHORMATAN ANDA KEPADA MEREKA.
NILAI DARI SETIAP PRIBADI DALAM KEHIDUPAN ANDA, ADALAH NILAI DARI KEHIDUPAN ANDA.
JANGANLAH HANYA HIDUP UNTUK DIRI SENDIRI
ANDA AKAN MUDAH TERPEROSOK DALAM KESEDIHAN DAN KEPUTUS-ASAAN, JIKA YANG ANDA PIKIRKAN HANYA DIRI ANDA SENDIRI
(MARIO TEGUH - ANDA HANYA MENJADI SIAP UNTUK HAL-HAL YANG ANDA SIAPKAN)
ADVERTISEMENT AREA


Page copy protected against web site content infringement by Copyscape