WEBSITE DAN BLOG, SAMA ?

Posted on 02 Mei 2009 by Blog Kesuksesan Hidup

Blog Kesuksesan Hidup | Website Dan Blog Sama ?Bagi kita yang sering menggunakan jasa internet, kita sering mendengar tentang dua kata atau istilah ini, yaitu WEBSITE dan BlOG (Weblog). Mungkin kita bertanya tanya apakah Website dan Blog sama?
Karena kalau kita lihat sekilas, sebenarnya tidak ada perbedaan yang mendasar antara keduanya.
Coba perhatikan 2 definisi sederhana tentang Website berikut ini:
Pertama, Website adalah halaman yang menyediakan berbagai jenis informasi, yang terdapat di internet.
Kedua, Website adalah suatu alamat URL (Uniform Resource Locator) khusus di world wide web, yang menyediakan informasi-informasi.

Bukankah Blog juga merupakan halaman yang memiliki sebuah alamat khusus pada world wide web, yang juga menyediakan informasi-informasi?

Jadi sekali lagi, apakah Website dan Blog sama?

Saya juga memiliki sedikit informasi menyangkut pertanyaan tersebut diatas.
Berikut ini informasinya:
  • Ada Website yang pada bagian menunya bertuliskan 'Blog', dimana tulisan 'Blog' itu jelas artinya adalah Blog dari Website tersebut.
  • Pada salah satu jaringan sosial di internet, Website dan Blog dibedakan dengan cara menuliskan "my blog" dan "my website" pada profil orang yang bergabung dalam jaringan tersebut. Jadi artinya jika orang yang bergabung tersebut memiliki sebuah Blog, silahkan letakan alamat Blog-nya tersebut dalam "my blog", dan begitupun untuk Website.
Semakin membingungkan ya?

Mungkin bagi para profesional IT dan orang-orang yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia internet, hal ini tidak akan atau bahkan tidak mungkin menjadi sebuah pertanyaan, karena dengan pasti dan sangat jelas mereka memahami apa yang dimaksud Website dan Blog.

Atau begini...
Mungkinkah Website dan Blog dibedakan hanya karena tujuan pemakaian? Artinya kalau dilihat dari definisi-definisi Website diatas, Website dan Blog sama yaitu keduanya sama-sama menyediakan informasi dan juga memiliki alamat khusus di internet. Namun yang membedakan keduanya adalah tujuan penggunaannya, dimana misalnya untuk tujuan 'A' lebih baik menggunakan Website, sedangkan untuk tujuan 'B', Blog-lah yang paling tepat untuk digunakan.
Tapi sebelum menyimpulkan dan menjawab pertanyaan ini, coba sekali lagi kita bandingkan Website dan Blog.

Perlu diingat bahwa latar belakang saya yang hanyalah orang awam dalam dunia internet dan IT, jadi dalam membandingkan Website dan Blog, saya hanya berdasarkan pada apa yang saya lihat dan rasakan selama saya menggunakan jasa internet.

Berikut ini hal-hal yang saya gunakan dalam membandingkan Website dan Blog, beserta uraiannya:

Pertama. Pembaharuan Isi.
Blog menyediakan fasilitas atau bisa dikatakan sebuah sistem, yang sangat membantu pengguna dalam menuliskan artikel-artikel baru ke dalam Blog mereka.
Apakah Website juga demikian? Sampai sejauh ini saya rasa tidak, apalagi bagi masyarakat pengguna internet pada umumnya. Mungkin anda perlu memiliki tim khusus yang mendukung anda, atau setidaknya anda harus memiliki keahlian tertentu seperti keahlian dalam bahasa-bahasa pemrograman, seperti misalnya HTML, hanya untuk berusaha membuat Website anda selalu up to date. Mungkin inilah yang menyebabkan Website dari sisi isinya jarang berubah, maksud saya, anda mungkin pernah melihat suatu Website yang isinya tidak berubah mulai dari kunjungan pertama anda, sampai kunjungan-kunjungan beriikutnya.

Kedua. Dinamika.
Mengacu pada poin pertama diatas, karena Blog memungkinkan penambahan artikel baru dengan cara yang jauh lebih mudah dibanding Website, maka seringkali kita menemukan Blog yang setiap harinya selalu terupdate dengan artikel baru, bahkan mungkin sampai beberapa artikel baru setiap harinya. Sangat Dinamis.Hal ini tentu saja jarang terjadi pada Website.

Ketiga. Kronologi.
Isi dari Blog yang berupa artikel-artikel di sajikan secara kronologis atau berdasarkan waktu upload masing-masing artikel. Dengan demikian artikel paling baru, posisinya selalu berada paling atas dari tampilan awal sebuah Blog. Hal ini mungkin mengacu pada sebuah konsep bahwa Blog merupakan buku harian (Diary atau Journal) elektronik dari pemilik Blog tersebut. Namun meskipun Blog mengacu pada konsep diary pribadi, banyak juga Blogger yang tidak membuat artikel tentang kehidupan pribadi mereka. Namun apapun isi dari sebuah Blog, yang saya tekankan disini adalah bahwa ada perbedaan antara Blog dan Website karena sifat kronologis dari artikel-artikel yang yang disajikan di Blog.

Keempat. Halaman Depan.
Kalau kita sering menemukan halaman depan (Homepage) dari sebuah Website selalu sama, tidaklah demikian dengan Blog. Bahkan kalau bisa dikatakan, sebuah Blog tidak memiliki halaman depan (halaman depan sebuah blog selalu berubah). Hal ini jelas terkait dengan apa yang saya uraikan pada poin sebelumnya bahwa artikel dari Blog selalu ditampilkan secara kronologis.

Kelima. Komunikasi.
Sebagian besar Blog memungkinkan para pembacanya untuk meninggalkan komentar. Jadi kemungkinan besar akan terjadi komunikasi dua arah antara si penulis (Blogger) dan para pembaca. Dan jika ini berlangsung terus menerus, kemungkinan akan muncul sebuah komunitas baru baik di internet maupun di dalam kehidupan nyata. Hal ini, maksud saya komunikasi dua arah ini jarang sekali terjadi dalam 'wilayah' Website. Sebuah Website biasanya tidak memungkinkan komunikasi dua arah, karena jarang sekali terjadi, halaman atau artikel dari sebuah Website yang memungkinkan para pembaca untuk meninggalkan komentar.

Sekarang bagaimana kesimpulan dan jawaban anda? Apakah Website dan Blog berbeda atau sama? Saya tidak akan memberikan sebuah kesimpulan maupun jawaban terhadap pertanyaan ini. Biarlah anda yang menyimpulkan dan menjawab sendiri. Seperti pertimbangan saya diatas, saya rasa perlu juga kita bertanya kepada para profesional IT dan orang-orang yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia internet, dan mudah-mudahan dari mereka akan ada jawaban yang jelas, yang dapat melengkapi artikel ini.

Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi anda.
Terima Kasih.


Sukses Selalu,

Blog Kesuksesan Hidup






Silahkan Baca Juga Artikel Terkait (Related Post) Berikut:

8 komentar:

Tampilkan/Sembunyikan Seluruh Komentar

Tips Cara Mempercantik Blog mengatakan...

kalau diambil kesimpulan dari tulisan bro diatas sih, menurut saya website sama blog jelas beda.. hehe.. ^^'

musik komputer mengatakan...

klo punya saya itu Blog atau Website ya..? Terus ada istilah BLOGGER (pemilik blog)..kenapa kok ga ada istilah WEBSITER (pemilik website)..? tambah bingung kan..thnks infonya..

mambo mengatakan...

bener vick,,kalau aq nii lagi suka buat blog aja seneng di ubah2 aq juga ada web waktu bikinya susah banget vick apalagi aq yang gaptek ini waktu mo upload data ke housting ampe aq1 ulang2 baru jadi,,hehehee

raihan mengatakan...

blog = website = situs

Peluang Usaha mengatakan...

Blog memang lebih personal ya shob..lebih pribadi dan menggambarkan diri sendiri..

dessy mengatakan...

blog dan website emang beda... krn begitu kita berkunjung ke suatu url, kita bs tau itu blog atau website :)
tp... berdasarkan penjelasannya, klo sy iseng ke "rumah" saya jaman dulu di http://hibiworks.tripod.com itu website atau blog y...?
coz itu dibuat dgn manual HTML tp diupdate dgn gaya blog, di mana media komunikasinya hanya guestbook... :P

Munir Ardi mengatakan...

Terimakasih akhir nya saya jadi tahu beda website dengan blog

RantZ RcheL mengatakan...

teman link dan banner kamu sudah ku pasang,. di cek ya,. dan tolong di ambil awardnya,. untuk kamu teman,. makasi,.,.

Poskan Komentar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Jika berkenan, silahkan berikan komentar Sahabat.
Jangan pernah ragu untuk beropini atau berdiskusi disini.

Mohon jangan spam, karena dengan berat hati Admin akan menghapus komentar yang dianggap spam dan yang dianggap dapat mengganggu para pembaca artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup.

Sekali lagi terima kasih.

Sukses Selalu...

MARIO TEGUH CORNER - KATA BIJAK DAN MOTIVASI MARIO TEGUH

NILAI MEREKA BAGI ANDA HANYA SETINGGI PENGHORMATAN ANDA KEPADA MEREKA.
NILAI DARI SETIAP PRIBADI DALAM KEHIDUPAN ANDA, ADALAH NILAI DARI KEHIDUPAN ANDA.
JANGANLAH HANYA HIDUP UNTUK DIRI SENDIRI
ANDA AKAN MUDAH TERPEROSOK DALAM KESEDIHAN DAN KEPUTUS-ASAAN, JIKA YANG ANDA PIKIRKAN HANYA DIRI ANDA SENDIRI
(MARIO TEGUH - ANDA HANYA MENJADI SIAP UNTUK HAL-HAL YANG ANDA SIAPKAN)
ADVERTISEMENT AREA


Page copy protected against web site content infringement by Copyscape