HOW FULL IS YOUR BUCKET ?

Posted on 19 Mei 2009 by Blog Kesuksesan Hidup

Blog Kesuksesan Hidup | How Full Is Your Bucket ?Buku "How Full Is Your Bucket ?" merupakan salah satu buku koleksi saya, karangan TOM RATH dan DONALDO O. CLIFTON, Ph.D. yang diterbitkan oleh PT. Transmedia.
Buku ini saya dapatkan sebagai hadiah, ketika saya memenangkan quiz di salah satu stasiun radio swasta.

Sahabat blogger dan pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, pada artikel kali ini, saya akan mencoba menceritakan kembali sebagian isi dari buku "How Full Is Your Bucket ?" dan juga sedikit pengalaman saya dengan buku hebat ini.

Keseluruhan isi dari buku ini didasarkan pada sebuah teori yaitu Teori Ciduk Dan Ember.

Dalam teori ini masing-masing dari kita diibaratkan memiliki ember yang tak tampak. Ember tersebut secara terus menerus dikosongkan dan diisi kembali, tergantung dari perkataan dan perbuatan orang lain terhadap kita. Ketika ember kita penuh, kita akan merasa sangat baik. Sebaliknnya ketika ember kita kosong, kita akan merasa buruk.

Selain memiliki ember, masing-masing dari kita juga memiliki sebuah ciduk yang tak tampak. Ketika kita menggunakan ciduk itu untuk mengisi ember orang lain melalui perkataan dan perbuatan kita yang dapat menambah emosi positif orang tersebut, sebenarnya kita juga sudah mengisi ember kita sendiri. Namun, ketika kita menggunakan ciduk tersebut untuk mengambil dari ember orang lain melalui perkataan dan perbuatan kita yang dapat mengurangi energi positif orang tersebut, sebenarnya kita juga telah mengurangi isi ember milik kita sendiri.

Menurut saya, buku ini merupakan sebuah buku hebat yang membahas hal-hal yang benar-benar sangat bersentuhan dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, setelah saya membaca buku ini, ada semacam 'aturan' baru bagi saya dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, dimanapun saya berada.

Saya punya sedikit pengalaman yang masih ada hubungannya dengan buku ini.
Begini:
Saya pernah menceritakan isi buku ini kepada seorang sahabat, kemudian, beberapa kali kami mendiskusikannya, sampai kami benar-benar paham tentang apa maksud dan pesan yang coba disampaikan melalui buku ini.
Pada suatu hari, ketika saya secara tidak sengaja menyakitinya, sahabat saya ini mengirimkan saya sms, yang benar-benar membuat saya tersadar dan mengerti kenapa perasaan saya belakangan ini terasa gelisah.... dan sms inilah jawaban dari semuanya. Sebuah sms singkat yang bunyinya "Vicky sahabatku, tidakkah kau juga merasa sakit ketika kau ciduk emberku?". Saat itu juga saya langsung tersadar... Saya mengerti dan menemukan jawaban dari semua kegelisahan saya, bahwa kegelisahan itu ada karena saya telah menciduk ember sahabat saya dan dengan demikian sayapun telah menciduk ember saya sendiri.

Benar-benar merupakan sebuah pengalaman sederhana namun sangat 'revolusioner' dalam diri saya.

Yang terjadi kemudian pada saya dan sahabat saya ini hanyalah rasa yang ingin selalu menjaga perbuatan dan perkataan kami satu sama lain.

Karena...

Ketika sahabat saya merasa sakit akibat perbuatan dan perkataan saya, sayapun akan merasakan hal yang sama. Begitupun kalau sahabat saya menyakiti saya, sahabat sayapun akan merasakan sakit yang sama seperti yang saya rasakan.

Demikian pula...

Ketika sahabat saya bahagia karena perbuatan dan perkataan saya kepadanya, sayapun akan merasakan kebahagiaan yang sama seperti yang dirasakan sahabat saya. Dan ketika sahabat saya melakukan perbuatan dan mengeluarkan perkataan yang membahagiakan saya, kebahagiaan yang sama juga akan dirasakan sahabat saya ini.

Bayangkan jika ini terjadi pada setiap hubungan manusia dengan sesamanya... mungkin tidak ada yang namanya perang, penjajahan, kekerasan, penindasan dan hal-hal lain, yang dilakukan manusia yang dapat menyakiti sesamanya.... Sungguh indah ya...

Begitulah...
Setelah saya membaca dan merenungi isi buku ini, ada satu pelajaran yang sangat luar biasa dan berharga yang saya dapatkan, yaitu:

Bahwa segala sesuatu yang dirasakan oleh orang lain melalui perbuatan dan perkataan kita, sebenarnya seperti itu jugalah yang akan kita rasakan.

Inilah yang saya sebut sebelumnya sebagai 'aturan' baru bagi saya dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, dimanapun saya berada.

Jadi sahabatku, berbuat dan berkatalah dengan baik terhadap sesamamu. Karena kebaikan yang samalah yang akan engkau dapatkan.

How Full Is Your Bucket Today ?

Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi anda.
Terima Kasih.


Sukses Selalu,

Blog Kesuksesan Hidup






Silahkan Baca Juga Artikel Terkait (Related Post) Berikut:

29 komentar:

Tampilkan/Sembunyikan Seluruh Komentar

faiz_oi mengatakan...

wah beruntung tuh dapet yang gratisan, apalagi buku gratis

erwinyustiawan mengatakan...

wah klo memang setiap manusia berfikiran seperti itu,, dunia akan terasa lebih indah

Syam mengatakan...

mantap bro. blogwaking pagi

Blogger Magazine mengatakan...

siiipp..! semoga semua orang bisa kayak gitu..
hehehe.. enak banget sob dapet hadiah gitu.. :D

Vicky mengatakan...

@ All:
Makasih komentarnya...

@ faiz_oi dan Blogger Magazine:
Sering-sering ikutan quiz atau yang sejenisnya, supaya kalau menang, dapat deh yg gratisan :)

hersu mengatakan...

wah asyik yah bisa menang kuis. kalo aku jarang (malah ndak pernah)menang sih...wong jarang ikutan

marcellino agatha mengatakan...

Bukunya boleh juga tuh...boleh dong buatku..hahahhaha
_________________________________________________________________________
Mampir-mampir ya ke blogku... banyak tips yang mungkin kalian butuhkan mulai dari:
1. Kesehatan 2. Tip-trik Blog 3. Komputer 4. Sellular 5. Internet 6. Chat 7. Antivirus 8. Tips-tips Umum 9. Game....
Dan masih banyak lagi yang lainnya....Jadi saya tunggu kunjungan anda....

ina mengatakan...

uww,... co cweet bgt Vick,,


menyakiti seorang shabat tanpa sadar telah menyakitinya...!!!


dan sahabat yg baek, tentu tak akan menyakiti sahabatnya...!!!
hehe,... :))

Panca mengatakan...

artikel yang menarik sob. teruskan menulisnya

Panca

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Bukunya bagus yah,.... dimana bisa beli sih?

Anta mengatakan...

Oleh sebab itu Mari Bersama Membangun Masa Depan
Terima kasih dan Mohon Maaf...Salam Sukses

Ariesvio mengatakan...

Salam Sukses Untu Anda
Buku Hebat...Sayang Saya Belum Baca...Ya
Bagi-bagi Donk..Thanks

Ary mengatakan...

mantap2 infonya nih... :-) terus berbagi info ya dan smoga sukses slalu.

Gadget and Technology mengatakan...

dulu sayah boleh dibilang maniak game, terutama game online. berbagai kontes nasional saya ikuti. tapi sejak sayah kenal blog, jadi malas main game. begitu fesbuk, nasibnya sama kek frenster, punya akun ditelantarin

kekayaan negara yang tidak diimbangi SDM yang mumpuni membuat Indonesia belum bisa(belum lo ya, bukan tidak bisa) memanfaatkan dan mengeruk kekayaannya sendiri. sehingga dikeruk oleh bangsa lain. kapan Indonesia bangkit dari keterpurukan agar bisa mendulang kekayaan, minimal kekayaan bangsa sendiri.

oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan 'manjakan mata, telinga dan waktu anda ...'. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

Gadget and Technology mengatakan...

waduh maaf paragraf kedua salah komen

Vicky mengatakan...

@ All:
Makasih ya atas komentar-komentar hebat anda...
@ Seti@wan Dirgant@Ra:
Saya kurang tau pasti Pak...
Mungkin buku ini juga tersedia di toko-toko buku terkenal seperti Gramedia, Gunung Agung dan toko-toko buku lainnya
@ Gadget and Technology:
Salam kenal juga "nyodorin tangan"
Iya pasti saya mampir... hahaha

Ophand mengatakan...

kyknya gak rugi klo kita saling jaga sikap dan perbuatan antar sesama... pa lgi ma org terdekat kita.. iya gak sob...?? heheh ;) mantap artikelnya sob..

Ary mengatakan...

makasih nih udah mau sharing isi buku yg bagus banget... jd bahan perenungan yg bagus di pagi hari yang cerah ini :-) tetap berbagi dan semoga sukses :-)

Ary mengatakan...

tukar banner donk... udah aku pasang...
makasih nih udah mau sharing isi buku yg bagus banget... jd bahan perenungan yg bagus di pagi hari yang cerah ini :-) tetap berbagi dan semoga sukses :-)

callist mengatakan...

Bagus banget vick udah mo nyempatin buat blog yg isinya artikel bermanfaat bagi kita semua gak melulu bisnis he he maaf ya....

wisata seo sadau mengatakan...

ikut kontes wisata seo sadau gak sob

Aily mengatakan...

mantap moga sukses selalu ya vicky,,,,,,,,

New Bie OON The Blog mengatakan...

linknya sudah saya tambahkan di blogroll bang..

wisata seo sadau mengatakan...

go blogger indonesia. wisata seo sadau

gwbangat mengatakan...

bagus men!!! g boonk

Panca mengatakan...

pinjem bukunya yah, boleh kan?
sukses trus sob,

lusalary mengatakan...

artikel yg mantap sob !! informatif!!

is mengatakan...

Sebuah pencerahan diri...

Hayo...buat diri kita jadi lebih baik untuk sesama...

Just For Laugh mengatakan...

Dishare dong bos...jd kepengen baca.. neh

Poskan Komentar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Jika berkenan, silahkan berikan komentar Sahabat.
Jangan pernah ragu untuk beropini atau berdiskusi disini.

Mohon jangan spam, karena dengan berat hati Admin akan menghapus komentar yang dianggap spam dan yang dianggap dapat mengganggu para pembaca artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup.

Sekali lagi terima kasih.

Sukses Selalu...

MARIO TEGUH CORNER - KATA BIJAK DAN MOTIVASI MARIO TEGUH

NILAI MEREKA BAGI ANDA HANYA SETINGGI PENGHORMATAN ANDA KEPADA MEREKA.
NILAI DARI SETIAP PRIBADI DALAM KEHIDUPAN ANDA, ADALAH NILAI DARI KEHIDUPAN ANDA.
JANGANLAH HANYA HIDUP UNTUK DIRI SENDIRI
ANDA AKAN MUDAH TERPEROSOK DALAM KESEDIHAN DAN KEPUTUS-ASAAN, JIKA YANG ANDA PIKIRKAN HANYA DIRI ANDA SENDIRI
(MARIO TEGUH - ANDA HANYA MENJADI SIAP UNTUK HAL-HAL YANG ANDA SIAPKAN)
ADVERTISEMENT AREA


Page copy protected against web site content infringement by Copyscape