DEFINISI EFEKTIVITAS: KISAH SANG ANGSA DAN TELUR EMAS

Posted on 12 Agustus 2009 by Blog Kesuksesan Hidup

Blog Kesuksesan Hidup | Definisi Efektivitas: Kisah Sang Angsa Dan Telur EmasSeperti artikel sebelumnya, artikel kali ini yang berjudul Definisi Efektivitas: Kisah Sang Angsa Dan Telur Emas juga saya tulis berdasarkan sebuah buku hebat yaitu The Seven Habits Of Highly Effective People.

Sebelum saya melanjutkan, saya berharap semoga artikel ini menjumpai sahabat blogger dan pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam mengayun langkah melewati setapak demi setapak perjalanan, dalam meraih kesuksesan hidup yang selama ini dicitacitakan.

Pada saat melihat judul artikel ini, mungkin sahabat semua bertanya, apa hubungannya Definisi Efektivitas dengan Kisah Sang Angsa Dan Telur Emas? Judul ini memang saya pilih berdasarkan kesimpulan saya setelah membaca buku The Seven Habits Of Highly Effective People mengenai Definisi Efektivitas, dimana dalam buku tersebut, kisah ini diangkat untuk mempermudah para pembaca dalam mengerti sebuah prinsip -- Definisi Dasar Efektivitas.

Berikut ini Kisah Sang Angsa Dan Telur Emas:



Fabel ini berkisah tentang seorang petani miskin yang pada suatu hari menemukan sebutir telur emas yang berkilau disarang angsa peliharaannya. Pada mulanya ia berpikir ini pasti semacam tipuan. Tetapi, ketika ia akan membuangnya, ia berpikir-pikir lagi dan membawanya pulang untuk memeriksanya. Telur itu ternyata emas murni! Si petani tidak dapat percaya akan keberuntungannya. Ia semakin menjadi tidak percaya ketika pada hari berikutnya pengalaman tersebut berulang kembali. Hari demi hari, ia bangun dan bergegas menuju sarang dan menemukan satu lagi telur emas. Ia menjadi sangat kaya. semua ini kelihatannya seperti sesuatu yang mustahil menjadi kenyataan.

Namun sewaktu ia bertambah kaya timbul pula sifat tamak dan tidak sabar. Tidak sabar menunggu hari demi hari untuk mendapatkan telur emas tersebut, akhirnya si petani memutuskan untuk membunuh sang angsa dan meraup semua telur emas itu sekaligus. Tetapi, ketika ia membuka perut angsa tersebut, ternyata kosong. Tidak ada telur emas, dan sekarang tidak ada cara untuk mendapatkan telur emas lagi. Si petani telah menghancurkan angsa yang menghasilkan telur-telur emas tersebut.



Dalam fabel di atas terlihat suatu hukum alam, suatu prinsip -- Definisi Dasar dari Efektivitas. Banyak orang melihat efektifitas pada paradigma telur emas, dimana semakin banyak kita menghasilkan, semakin banyak kita bekerja, semakin efektif kita jadinya.

Namun fabel di atas memperlihatkan bahwa efektivitas yang sebenarnya adalah suatu fungsi dari dua hal: apa yang dihasilkan atau diproduksi (telur emas) dan aset yang menghasilkan atau kapasitas produksi (angsa).

Jika kita menggunakan pola kehidupan yang berfokus pada telur emas dan mengabaikan angsanya, kita segera akan kehilangan aset yang menghasilkan telur emas. Sebaliknya, jika kita hanya mengurus angsanya tanpa memperhatikan telur emasnya, kita tidak akan memiliki persediaan yang diperlukan untuk menunjang kehidupan kita.

Efektivitas terletak dalam keseimbangan -- apa yang disebut Keseimbangan P/KP. Dimana P = Produksi hasil yang diinginkan, yaitu telur emas, dan KP = Kemampuan Produksi, kemampuan atau aset untuk menghasilkan telur emas.

Untuk lebih mudah memahami Definisi Efektivitas, saya akan berikan contoh-contoh yang sangat sederhana, yang mudah-mudahan dapat kita jadikan sebagai bahan Renungan untuk mengukur tingkat efektivitas kita.

Contoh pertama:
Kita sebagai seorang karyawan: Karena sangat termotivasi untuk mengejar karir, terkadang kita menjadi lupa untuk menjaga kesehatan kita.
Dalam hal ini: P = Karir, dan KP = Diri kita sendiri dalam hubungannya dengan kesehatan.
Tingkat persaingan di lingkungan kerja, pekerjaan yang hampir deadline, complaint dari klien, semuanya memaksa kita untuk bekerja lebih keras lagi, sehingga perlahan kesehatan kitapun terabaikan. Kalau hal ini terus dibiarkan, jelas kinerja dan produktivitas kitapun akan menurun, dan sangat masuk akal ketika pada akhirnya nanti kita bahkan akan kehilangan peluang karir itu sendiri.
Keseimbangan P/KP (Efektivitas) dalam contoh ini adalah: Kita memang harus bekerja keras untuk mengejar karir, namun kita juga jangan mengabaikan aset yang sangat berharga, yang dalam hal ini adalah kesehatan kita.

Contoh kedua:
Pada aset fisik misalnya kendaraan, atau khusus untuk sahabat blogger, misalnya komputer yang sudah bagaikan 'jantung' bagi aktivitas seorang blogger.
Dalam hal ini: P = Tujuan dan keuntungan dari penggunaan aset fisik, dan KP = Aset fisik itu sendiri.
Keseimbangan P/KP (Efektivitas) dalam contoh ini adalah: Kita memang harus mengoptimalkan penggunaan aset fisik yang kita miliki untuk mencapai tujuan dan keinginan kita, namun kita juga harus melakukan pemeliharaan yang baik dan benar terhadap aset fisik tersebut.

Nah sahabat blogger dan pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, perhatikan keseimbangan P/KP (Efektivitas) sahabat semua, apapun itu, dan jadilah efektif, sehingga dengannya, saya memiliki harapan baik, 'telur emas itu akan kita peroleh setiap hari' dalam perjalanan kita meraih kesuksesan hidup.

Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi sahabat.
Terima Kasih.


Sukses Selalu,

Blog Kesuksesan Hidup






Silahkan Baca Juga Artikel Terkait (Related Post) Berikut:

59 komentar:

Tampilkan/Sembunyikan Seluruh Komentar

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

TERIMA KASIH SOBAT,...
Saya mendapatkan motivasi berharga pagi ini, untuk senantiasa menyeimbangkan antara semangat dalam bekerja dan pentingnya menjaga kesehatan.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Hampir lupa ngevote...

Vicky mengatakan...

@ Bang Iwan:
Wah top banget nih... Setiap artikel baru Blog Kesuksesan Hidup, Bang Iwan paling pertama memberikan support berupa komentar-komentar...
Makasih ya Bang...

Hahaha... Vote jalan terus
:)

Story of Jaiman mengatakan...

ehm... jadi intinya harus seimbang g2 mas?

Miawruu mengatakan...

renungan yang sangat bagus sobs... cuma... kasian angsanya :((

gerlnich mengatakan...

oo
Lam kenal...
Visit Back
http://gerlnich.co.cc

ivankavalera mengatakan...

wah, mantap. Inspiratif banget. Ini baru keren.

rangash mengatakan...

wah.. artikel bagus nih.. jadi semangat kerja lagi klo gini, hehehe.. trims byk yah. sukses selalu :D

jimox mengatakan...

wah-wah-wah info yang menarik sob. emang kalau kita terlalu fokus sama pekerjaan, sering kurang begitu memperhatikan kesehatan. :)

KangBoed mengatakan...

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

I Love U fuuuuuuulllllllllllllllllllll

Soul Stroies mengatakan...

hi nice blog thank you

aldrix mengatakan...

menarik juga cerita pak petani tadi..
pada dasarnya kemewahan justru melalaikan kita..
sebuah fabel yang memberikan motivasi baru
dalam hidup ini.. sukses selalu dan sukses hidupku...

klo P/KP ane udah seimbang blom yah ? intropeksi lebih dalam lagi nee.. makasih mas...lanjutkan !!!

ina mengatakan...

keren bgt Vick,...
kemewahan membuat kita silau, dan lalai bersyukur,...

meski mengejar karir, kesehatan jg musti diperhatikan, kesehatan harta yg paling berharga...

sukses terus Vick, dalam berbagi, sharing soal motivasi untuk kesuksesan hidup....

makasih!!!

irvan mengatakan...

ya begitulah sob, kl sy kerja bukan kejar karir tapi mang kejar targetnya biar ga lewat
Tapi sy pernah baca kata2 yang menarik katanya gini "Bekerja lebih cerdas bukan bekerja lebih keras"
Ah banyak tu artinya tapi mang bener si.

OneShare mengatakan...

nice blog & very informative, i'm bookmarking this blog & visiting again for updates.

please check mine too : FREE Comics and Manga Download

Vicky mengatakan...

@ Story of Jaiman:
Bener Kang, Efektivitas terletak dalam keseimbangan antar Kemampuan Produksi dan Produksi yaitu antara Aset dan kemampuan Aset tersebut dalam menghasilkan.

@ Miawruu:
Makasih sahabat...hahaha...itu hanya cerita aja koq.

@ gerlnich:
Salam kenal juga sahabat... pasti saya mampir.

@ Ivankavalera:
Makasih sahabat...

@ Bro Rangash:
Makasih bro... Tetap semangat... hehehe

@ Jimox:
Makasih sahabat... Kesehatan disini hanya merupakan sebuah contoh... Kita dapat menerapkan keseimbangan P/KP pada banyak hal... Sekali lagi makasih ya.

@ KangBoed:
Makasih Kang atas semua support yang di berikan kepada saya dan Blog Kesuksesan Hidup, itu telah menjadi motivasi tersendiri bagi saya.
Hahahah... I Love U fuuuuuuulllllllllllllllllllll too...

@ Soul Stroies:
You are welcome my friend... Thanks for supporting me.

@ Bro Aldrix:
Akhirnya datang juga... Makasih banyak brother.

@ Ina:
Makasih Ina atas masukannya... Sukses Selalu juga buat Ina.

@ Irvan:
Makasih sahabat... Apapun pekerjaan dan target kita dalam bekerja, yang pasti harus selalu memperhatikan keseimbangan antara P/KP, karena semua pekerjaan pasti menggunakan aset (KP), baik itu aset fisik, keuangan dan manusia, untuk menghasilkan sesuatu (P)... Satu lagi, harus tetap semangat...hehehe... Makasih juga atas kata-kata bijaknya, merupakan masukan bagi saya... Sukses Selalu...

@ OneShare:
Thanks friend... Nice to know you have bookmarked Blog Kesuksesan Hidup... Well, i'll be there, just wait for me, okay?... hehehe

Rhamoz Advokat. mengatakan...

Sangat Menginspirasi...God Bless

aldrix mengatakan...

kisah terbaik yg memberikan semangat baru..
semoga bisa jadi pelajaran bagi kita semua..

produk indonesia mengatakan...

kisah yang sungguh menginspirasi...

Vicky mengatakan...

@ Rhamoz Advokat:
Makasih sahabat... God Bless You too.

@ Bro Aldrix:
Mantap bro... Makasih ya.

@ produk indonesia:
Makasih sahabat... Sukss Selalu...

♥ria♥ mengatakan...

wha bermanfaat banget ak jd bs banyak blajar ^^

Rose mengatakan...

thanks for infonya...di update trus yah

lina@happy family mengatakan...

Bagus banget, artikelnya sangat mencerahkan. Saya suka dengan analogi efektifitas dengan keseimbangan mengejar karir tapi tetap harus menjaga kesehatan.

Gostav Adam mengatakan...

Kesuksesan hidup memang harus kita cpai dengan efisiensi dan efektifitas kinerja. Artikel yang dalam untuk memotivasi diri ktia agar lebih maju

salam kenal. mampir ke blog kami

kartika mayang sari mengatakan...

Semua artikel anda memang sangat mengispirasi saya
termasuk juga artikel kali ini

Maka sudah pantas jika blog ini dinamakan blog kesuksesan hidup

saya sangan setuju
MANTAP & DAHSYAT

KangBoed mengatakan...

Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

KangBoed mengatakan...

pertamaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxxxxxzzz

bobby mengatakan...

.terima kasih atas infonya. . .


.

ruri mengatakan...

kunjungan pertama, masih grogi...

cerita yang sangat menarik.. salam kenal

Kang Dedy mengatakan...

Wow... tulisan yang menarik

semua tulisan di blog ini banyak yang bermanfaat

semoga bermanfaat juga bagi siapa saja yang membacanya

Salam Kenal

nur ichsan mengatakan...

dunia ini memang harus seimbang...

KangBoed mengatakan...

semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

poer mengatakan...

artikel yang inspiratif. knapa aku baru menemukannya sekarang ya. ditunggu artikel berikutnya

sahabat mengatakan...

bagus infonya sob...

Pusat Alat Kesehatan Online mengatakan...

Yang utama dalam hidup ini adalah adanya keseimbangan dalam semua aspek, sehingga apapun yang menjadi tujuan hidup kita akan mudah tercapai.

Adhieth mengatakan...

wah walau ga ngerti...ya dikit2 nambah ilmu neh.
hehehehe
makasih infonya

Blog Download Gratis mengatakan...

hehe, tinjauannya bener-bener mengena nih. semua ada batasannya. aset yang berharga emang harus dijaga baik-baik..! gabisa terlalu dipaksakan

Berry Devanda mengatakan...

sangat bermanfaat...
salam kenal...

Juliawan mengatakan...

waooo hehehehehe efektifitas dan efisien ya bro ^^ hehehe,lam kenal bro,good articel bro

Meryl (proud pinay) mengatakan...

thanks for sharing with us the story of The Goose And The Golden Eggs. Very beneficial for us ^_

Vicky mengatakan...

@ ♥ria♥:
Makasih banyak Ria atas support-nya terhadap saya dan Blog Kesuksesan Hidup... Sukses Selalu buat Ria.

@ Rose:
Sama-sama Rosa, maaf kalau saya sering lama untuk meng-update Blo Kesuksesan Hidup... Terima kasih atas sarannya.

@ lina@happy family:
Mbak Lina... Makasih ya Mbak atas support yang juga sering Mbak Lina berikan terhadap saya dan Blog Kesuksesan Hidup.

@ Gostav Adam:
Terima kasih sahabat... Ya benar, Efektivitas dan Efisiensi memang merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam mencapai Kesuksesan Hidup.

@ kartika mayang sari:
Terima kasih Tika, atas support yang selama ini sudah Tika berikan terhadap saya dan Blog kesuksesan hidup.

@ KangBoed:
KangBoed... Entah apalagi yang bisa saya katakan...KangBoed sudah banyak sekali mendukung saya, sehingga menjadi motivasi tersendiri bagi saya, untuk tetap menulis artikel-artikel di Blog Kesuksesan Hidup...Sekali lagi Terima Kasih banyak Kang

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll... hahaha...

Bagi sahabat-sahabat blogger dan pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, yang sedang menjalankan Ibadah Puasa, bersama ini saya dan Blog Kesuksesan Hidup, mengucapkan:
"Selamat Menjalankan Ibadah Puasa"


@ bobby, ruri, Kang Dedy, nur ichsan, poer, sahabat, Adhieth, Berry Devanda, Juliawan:
Terima kasih atas dukungan dari sahabat semuanya... Sukses Selalu...

@ Pusat Alat Kesehatan Online:
Terima kasih atas pendapatnya... Saya sangat setuju sahabat.

@ Blog Download Gratis:
Terima kasih sahabat... Dalam hal ini pemeliharaan aset merupakan salah satu faktor penting dalam Efektivitas.

@ Meryl (proud pinay):
Hi Meryl, my dear friend... Many thanks for you for always supporting me and Blog Kesuksesan Hidup. I really appreciate that. Hope success will always be yours my dear friend.

muchlisin mengatakan...

Analogi yang bagus. Jadi ingat 7th Habit nya Stephen R. Covey

______________________________
Salam ukhuwah BERSAMA DAKWAH

Purwanto mengatakan...

aku baca ulang ni sob + nambahi komen sebelumnya.

trims telah mengingatkan. 'keseimbangan', pernah ak memforsir tenaga n pikiran akhirnya msk rs...hukum kekekalan energi berlaku

Pasang Iklan Gratis mengatakan...

he em, bener.....jika kita ingin mendapatkan telur emas, jangan hancurkan angsanya dan sebaliknya hehehe pjangan kayak psi petani yang tamak itu ya ^_^

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

KangBoed mengatakan...

Para Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

ramuni.net mengatakan...

wah, hampir saja saya melupakan aset produksi. thanks bgt artikel ini jd pengingat

Ronaldo Rozalino, Teluk Kuantan, Kuantan Singingi mengatakan...

Thanks ya pencerahannya ya sobat...

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

nice artikel. sukses selalu bro.. :)

Bellar mengatakan...

Makasih udah mengingatkan lagi. Memang yang paling penting keseimbangan ya Sob...

awan_clickerz mengatakan...

Hmmm..angsa dan telur
analogi yang cukup pas

saya muter2 lagi, cari inspirasi hidup selanjutnya.

Yup !

http://UangRupiah.hostoi.com mengatakan...

Banyak sekali cara untuk menjadi jutawan hanya dengan mengikuti bisnis di internet. Namun seberapa cepatkah bisnis yang mereka geluti bisa menghasilkan jutaan rupiah dalam waktu singkat?

Jika anda mengikuti sebuah bisnis internet hanya untuk mengikuti program MLM, Money Game, Arisan berantai, permainan Investasi, menjadi reseller, atau membuat e-book, atau harus membuat website, dan parahnya lagi harus membeli website, maka berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mewujudkan bisnis anda di internet?

Berapa biaya yang anda butuhkan untuk mempersiapkan semua itu?

Belum tentu juga hasilnya dapat berjalan dengan baik (trial error). Semua itu akan menyita waktu dan akan membuat anda putus asa dan akhirnya andapun akan mulai meninggalkan ladang uang yang seharusnya bisa anda tuai.

Namun saya yakin anda tidak mengharapkan semua itu terjadi, jika orang lain bisa, maka andapun pasti juga bisa! Kuncinya BUKAN pada kepandaian, namun pada niat dan tekad untuk mau berhasil serta strategi yang anda terapkan dalam menjalankan bisnis internet.

Kami mengajak anda untuk mau maju dan berhasil bersama kami dengan menerapkan sebuah system ampuh yang sudah teruji mampu menghasilkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah dengan:

*BUKAN MLM, Money Game, Arisan berantai, atau permainan investasi sejenisnya.
*TIDAK perlu membuat website atau blog.
*TIDAK perlu membuat E-book dan sejenisnya.
*TIDAK perlu menunggu waktu yang lama untuk menghasilkan uang melalui internet.

Kami membuka kesempatan bagi anda untuk mengetahui system kami dalam menghasilkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah kurang dari 1 bulan. Kami tidak menjanjikan Anda untuk kaya mendadak secara instan.. kami percaya setiap usaha kerja keras berbanding lurus dengan apa yang kita capai. Bisnis ini tanpa menganggu pekerjaan anda sama sekali, karena software kami dapat berjalan otomatis 24 jam penuh !!

Jika anda serius silahkan lanjutkan membaca ulasan dari kami sampai selesai.

http://UangRupiah.hostoi.com adalah sebuah komunitas bisnis internet di Indonesia yang sedang berkembang dengan CEPAT dalam membangun kesejahteraan dan kesuksesan bagi para membernya.

http://UangRupiah.hostoi.com bukan merupakan bisnis MLM, bukan merupakan skema pyramid, bukan skema kaya mendadak, bukan money game, bukan arisan berantai atau sejenisnya, bukan program forex. Dan software kami bukan merupakan toko online yang menjual E-book atau sejenisnya. Namun http://UangRupiah.hostoi.com merupakan sebuah sarana yang memberikan akses kepada setiap orang untuk dapat mengikuti sebuah bisnis online dengan cara yang sangat simple, mudah, dan cepat tanpa harus membuat E-book atau membeli sebuah website, blog dan sejenisnya. System yang kami berikan bersifat Plug n Play atau dengan kata lain, system ini berjalan secara otomatis. Anda pasang softwarenya dan system ini bekerja untuk anda secara otomatis 24 jam nonstop.

Untuk punya website sendiri yang menghasilkan uang ternyata GAMPANG!!! Kunjungi
http://UangRupiah.hostoi.com, miliki software-nya dan buktikan…Anda segera punya website yang 100% milik Anda. Kami telah menyediakan desain website yang memiliki sistem database dan email yang berjalan secara otomatis untuk Anda. Ini bukan program Reseller, tapi ini adalah program dimana Anda sendiri yang akan menjadi pengelola dan Anda Boss-nya.

Segeralah BERTINDAK untuk KESUKSESAN Anda!

Anda tidak akan pernah sukses jika Anda tidak berani melangkah, tidak mau mengambil kesempatan dan selalu menunda untuk berbisnis.

Anda tidak akan pernah kaya tanpa melalui bahaya dan tanpa berusaha.

Ini adalah fakta kehidupan.
START ACTION........... STOP DREAMING !!!

Terima Kasih, Salam Sukses buat Anda !!

Silahkan kunjungi http://UangRupiah.hostoi.com

Bussiness Owner
admin@uangrupiah.hostoi.com

lusi mengatakan...

Good one :)

Munir Ardi mengatakan...

Ternyata memang harus ada keseimbangan diantara p dan kp terima kasih sobat sy sering didepan kompi sampai lupa makan itu tdk saya lakukan lagi

Wealth Hourly mengatakan...

baca-baca dulu ah,,,mikirnya blakangan,,,,

nambah info...
Submit GRATIS website/blog Anda ke ratusan search engine dengan SEKALI KLIK :
http://www.wealth-hourly.com/submit

Ini sekalian buat PING :
http://www.wealth-hourly.com/ping

Aku Bisa! mengatakan...

SungguH! Bangga punya teman Blogger yang terus-menerus dapat memotifasai.

Sumpah Pemuda: Momentem "KEBANGKITAN" Pemuda dan Remaja

divi mengatakan...

Good one :)

bisnis n hobby mengatakan...

si petani tidak bersyukur & tamak, akhirnya ngga punya sumber emas lagi.

hanny mengatakan...

pagi2 udah baca artikel yang memotivasi seperti ini...trims sob

Tebinfea mengatakan...

Good Sunday my friends.
Teb.

Poskan Komentar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Jika berkenan, silahkan berikan komentar Sahabat.
Jangan pernah ragu untuk beropini atau berdiskusi disini.

Mohon jangan spam, karena dengan berat hati Admin akan menghapus komentar yang dianggap spam dan yang dianggap dapat mengganggu para pembaca artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup.

Sekali lagi terima kasih.

Sukses Selalu...

MARIO TEGUH CORNER - KATA BIJAK DAN MOTIVASI MARIO TEGUH

NILAI MEREKA BAGI ANDA HANYA SETINGGI PENGHORMATAN ANDA KEPADA MEREKA.
NILAI DARI SETIAP PRIBADI DALAM KEHIDUPAN ANDA, ADALAH NILAI DARI KEHIDUPAN ANDA.
JANGANLAH HANYA HIDUP UNTUK DIRI SENDIRI
ANDA AKAN MUDAH TERPEROSOK DALAM KESEDIHAN DAN KEPUTUS-ASAAN, JIKA YANG ANDA PIKIRKAN HANYA DIRI ANDA SENDIRI
(MARIO TEGUH - ANDA HANYA MENJADI SIAP UNTUK HAL-HAL YANG ANDA SIAPKAN)
ADVERTISEMENT AREA


Page copy protected against web site content infringement by Copyscape