TENTANG MASALAH

Posted on 14 Juni 2009 by Blog Kesuksesan Hidup

Blog Kesuksesan Hidup | Tentang MasalahSetiap kita manusia pasti pernah mengalami masalah. Saya, sahabat-sahabat blogger, para pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, semuanya... sekali lagi, kita semua pasti pernah mengalami yang namanya masalah. Ya masalah, sesuatu yang mungkin ingin sekali kita hindari. Bahkan seandainya kita diberi kekuatan atau kuasa untuk menghilangkan masalah-masalah dalam perjalanan hidup kita ini, pasti masalah-masalah tersebut sudah sejak lama kita hilangkan.

Pada artikel saya kali ini, saya akan mengemukakan beberapa pendapat saya Tentang Masalah, yang merupakan kesimpulan saya sendiri dari beberapa literatur yang pernah saya baca dan sudah saya cocokkan dengan pengalaman saya pribadi. Artinya apakah yang saya baca dari literatur-literatur tersebut memang benar-benar terjadi dan pernah saya rasakan.

Kesimpulan saya tentang masalah adalah sebagai berikut:

Pertama.
Masalah hadir sebagai 'pembawa pesan' yang memberitahukan bahwa kita telah melakukan kesalahan atau kekeliruan.

Orang-orang yang efektif selalu berusaha untuk menghindari masalah, namun ketika masalah memang sudah benar-benar ada dihadapan mereka, pertanyaan-pertanyaan bijak akan mereka tanyakan kepada diri mereka sendiri, "Apakah saya sudah melakukan kesalahan?", "Apa yang salah dengan tindakan saya sebelumnya?", "Apa yang harus saya lakukan untuk segera memperbaiki kesalahan saya tersebut?"
Sementara di sisi yang lain, ada sebagian orang yang mengabaikan pesan itu.

Kedua.
Bersamaan dengan pesan yang disampaikan (poin 1 diatas), masalah juga sebenarnya hadir sebagai pengingat, bahwa kalau kesalahan tersebut tidak segera kita perbaiki, pasti kita akan terpuruk lebih jauh lagi ke dalam masalah yang lebih besar, yang pastinya akan semakin memperlambat laju gerak kita dalam meraih kesuksesan hidup yang kita impikan.

Orang-orang yang efektif tentu sudah sangat paham dengan hal ini, namun tidaklah demikian dengan sebagian orang yang mengabaikan pesan yang telah disampaikan. Mereka mengabaikan pesan tersebut, yang mengakibatkan mereka semakin terpuruk lebih jauh. Dan ketika mereka sudah benar-benar berada dalam masalah yang lebih besar, mereka menjadi sangat khawatir dan sering mengeluh "Mengapa masalah ini menjadi semakin besar?", "Mengapa masalah tiada hentinya menghampiri saya?", "Betapa malangnya nasib saya ini" dan masih banyak lagi keluhan-keluhan lainnya.

Ketiga.
Masalah, kalau bisa saya sebut adalah sebagai Agent of Change.
Agent of Change? ya, masalah adalah Agent of Change, karena ada kemungkinan hanya dengan masalah seseorang bisa berubah.

Mengenai hal ini, saya ambil contoh sederhana dalam pekerjaan dan karir.
Kapan kita memperbaiki kinerja kita di kantor?
Kemungkinan besar ketika kita mendapat SP (Surat Peringatan) dari perusahaan bahwa dengan kinerja kita yang sekarang, tidak lama lagi kita akan di PHK.

Memang seringkali kita menjadi lebih bijaksana ketika masalah itu datang dan menyebabkan keadaan semakin memburuk, ini dikarenakan, kita mendapat pelajaran-pelajaran yang sangat berharga dari keadaan yang semakin memburuk tersebut. Ketika masalah itu hadir, memang akan terasa sangat menyakitkan, namun justru dari masalah itulah, kita seringkali memperoleh banyak pelajaran berharga.

Keempat.
Ketika kita sedang dalam perjalanan untuk mencapai target-target keberhasilan kita, besar kecilnya masalah yang datang akan berbeda tergantung dari besar kecilnya target keberhasilan kita tersebut.

Untuk poin yang ke 4 ini, akan saya bahas terpisah, pada artikel saya selanjutnya.

Nah, sahabat-sahabat blogger dan pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, perhatikanlah keputusan-keputusan yang sahabat ambil, ketika sahabat berhadapan dengan masalah.
Mudah-mudahan Saya memiliki harapan baik bahwa sahabat semua adalah termasuk kelompok orang-orang yang efektif dalam menghadapi setiap masalah yang datang menghampiri.

Sebelum saya mengakhiri pembahasan saya Tentang Masalah, berikut ini akan saya berikan Kata-Kata Bijak, yang mungkin bisa dijadikan sebagai Renungan dan sekaligus sebagai Motivator bagi kita semua.

Layang-layang terbang tinggi dengan menentang angin bukan mengikutinya.
- Winston Churchill -


Jika aku dapat meminta agar hidupku sempurna, itu merupakan godaan menggiurkan -- namun aku akan terpaksa menolak, karena dengan begitu, aku tidak dapat lagi menarik pelajaran dari kehidupan.
- Allyson Jones -


Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi anda.
Terima Kasih.


Sukses Selalu,

Blog Kesuksesan Hidup






Silahkan Baca Juga Artikel Terkait (Related Post) Berikut:

34 komentar:

Tampilkan/Sembunyikan Seluruh Komentar

ephie mengatakan...

harus dengan pikiran dingin dalam menyelesaikan masalah

Moto Modding mengatakan...

Ketika masalah itu hadir, memang akan terasa sangat menyakitkan, namun justru dari masalah itulah, kita seringkali memperoleh banyak pelajaran berharga., itu point pentingnya kyknya sob.. kembali ke diri kita masing2 deh.. mau hanyut oleh hal tsb or merasa tertantang utk nyelesainnya. nice post..

Blogger Magazine mengatakan...

hmm.. bener sob.. alo ada masalah mudah-mudahan kita bisa ngambil keputusan yang efektif dan bijak.. :P

wiyono mengatakan...

setelah menjelajah ke blog para sohib, ternyata aku bertemu juga dengan blog mu yang mantab ini bro.
semoga kelak menjadi blog terdepan, oiya sambil aku jalan jalan gmana kalau kita tukeran link..biar sama-sama meningkatkan PR. karena PR adalah gengsi para blogger pada umumnya

rumah tiara mengatakan...

blog yang sangat mantab sekali

Vicky mengatakan...

@ ephie: Setuju :)
@ Moto Modding: Oke sobat...:)
@ Blogger Magazine: Saya percaya bahwa sahabat-sahabat blogger dan semua pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup adalah termasuk kelompok orang-orang yang efektif :p
@ wiyono: Makasih bro... Mau tukar link? Silahkan :)
@ rumah tiara: Makasih sobat :)

alek kurniawan mengatakan...

kalau kita mendapat banyak masalah, berarti kita sedang dipersiapkan untuk sesuatu yang lebih besar.

ina mengatakan...

yah memang, setiap orang dihadapkan pada masalah,...
klo hidup tanpa masalah tentunya akan kurang terasa lebih hidup....

hidup tanpa masalah akan bgtu2 saja,... laen klo kita ada masalah, pasti membuat kita berfikir, bagaimana menyelesaikan masalah itu,..


dan membuat kita lebih semangaaaaaaaaat,,...!!!

♥adria♥ mengatakan...

hmm *masalah* menjadi pembelajaran menuju hidup yang lebih baik :)
mantab postingannya ^^V

Tipspack mengatakan...

Ikutan kasih pendapat ya...
Masalah membuat kita menjadi seorang yang lebih bijaksana...

accredited online degree mengatakan...

Problems have two knife blades. first, it makes you tough when you in fall on like the boxer. and think how to survive from this 'shit'. And the other one, problems can make you down.. under pressure.. and surrender from your faith! don't let it flow and give a chance to let you down..

Vicky mengatakan...

@ All:
Makasih atas komentar-komentar hebatnya ;)

@ accredited online degree:

Great opinion...

Well, there are two sides of problem... but like i wrote on this article, effective people always think that every problem will make them better. I mean, for effective people, problem is like a sign which always reminds them before they will fall on a big one.
So, effective people always takes a good side of problem.

But for not effective people, problem means failure. They always complain when they face a problem. And the result for this reaction is yes, they will fail.
So, not effective people always takes a bad side of problem.

Thanks buddy :)

Note: please don't use this word "s..."

jakarta spa mengatakan...

I like the agent of change. How to improve ourselves for the future.

Cheers, Jakarta Spa

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

jangan gentar menghadapi masalah, karena hidup ini memang pada dasarnya adalah masalah.

duadua mengatakan...

Masalah merupakan keniscayaan dalam hidup.Dengan kata lain,tidak ada manusia yang tidak punya masalah.Yang paling penting adalah,bagaimana kita menghadapinya.Nice post,salam kenal yaa

Ayas Tasli Wiguna mengatakan...

lam nal ^^
aju jg pertama benci dan selalu menghindari masalah tp sekarang aku udah terbiasa dan siap menghadapinya.. masalah bukan tuk ditakuti tapi ditaklukkan XD

kakve-santi mengatakan...

masalah bukan penghalang....

Wildan Arief mengatakan...

ingatlah bahwa setiap masalah pasti memiliki jalan keluarnya msg2.. hoho
btrw salam knal yah

kir31 mengatakan...

jangan lari dari masalah,,

hadapilah walaupun sesulit apapun,,

ammadis mengatakan...

Inspiratif nih...

Pencerahan yg menyenangkan....sip....sip...

Terima kasih yaaa....

birel1 mengatakan...

Hidup adalah soal yg harus kita kerjakan tidak mungkin tidak akan tetapi gimana cara kita untuk menyelesaikan nya dengan bijak dan biak.sebelumnya minta maaf atas kekurangan dan kelancangan kata2 saya,terimakasi

kir31 mengatakan...

hmmm,,dengan adanya masalah,,kualitas diri kita akan meningkat,,tapi hadapilah masalah,,jangan cari masalah,,hehe"

DB mengatakan...

masalah? siapa takut,,hehe"

Winarno mengatakan...

Pertama kali berkunjung nih. Artikel yang mantap sob! Masalah adalah ujian, jika kita mampu melewatinya berarti kita telah berhasil melewati fase kehidupan yang penuh lika-liku ini dan selalu ada masalah yang tidak terduga. Dan yang penting sikap kita dalam menghadapi setiap masalah.
salam sukses selalu

Vicky mengatakan...

@ All:
Makasih atas waktu yang sudah diluangkan untuk memberikan komentar-komentar hebat anda.

Sukses Selalu :)

amir mengatakan...

Masalah tidak akan pernah bisa kita hindari, semakin kita berusaha menghindarinya maka semakin banyak dan besar masalah yang datang menghampiri kita. Jadi hadapi masalah tersebut besar atau kecil, masalah besar jangan dianggap enteng dan masalah kecil jangan dibesar-besarkan.

New Bie oon mengatakan...

tanpa masalah apalah arti sebuah kehidupan, karena MUNGKIN salah satu kehidupan bermula dari kesusahan. karena kesusahan dapa membuat kita menjadi kuat.. berhati teguh dan bersemangat baja. bener ga ya??

asrizal wahdan wilsa mengatakan...

menjalani kehidupan adalah ujian menghadapi kesuksesan, jangan pernah beranggapan bahwa masalah itu sumber masalah hingga akhirnya kalah. yang harus kita lakukan adalah mengalahkan masalah. 1 masalah kecil saja kita lalai, masalah lainnya menanti di depan kita

Cara Cari Uang mengatakan...

siiip bangt,,,tulisannya menarik,,,
memang hidup kita akan selalu berhadapan dengan masalah tapi kalo kita hayati sesudah masalah itu selesai maka banyk hikmah yang akan kita dapat,,sebagai contoh bila kita sebagai bendahara disuatu instansi pemerintah yang akan diperiksa BPK tp kelengkapan arsip ga jelas otomatis berhadapan dgn masalah,,,tp setelah selesai di periksa dapat LHP(laporan hasil pemeriksaan)bahwa bendaharanya ga bisa kerja, saya yakin ini akan jadi pelajaran bagi bendahara tsb....tulisan anda sangat menarik,,,trims ya
salam

Ahmad Fikri

INDOSHOP mengatakan...

wah artikel yang bagus bos. sesuai dengan yang sering saya alami. memang pengalaman itu tak ternilai harganya, apalagi jika kita diberi kemudahan untuk mendapat hikmah atau pelajaran dibalik masalah. dan kehidupan kita lebih baik dari sebelumnya. betapa beruntungnya orang-orang yang bisa seperti itu. terima kasih bos, atas infonya

Blogger Ingusan mengatakan...

Kalo gak punya masalah brarti dah almarhum.. ya gak? :-)

My XDA Blogspot mengatakan...

masalah yang timbul saat akan menyelesaikan masalah adalah adalah saat masalah yang kecil berubah menjadi besar disaat kita akan menyelesaikannya...

____________________
My XDA Blogspot

Darmn mengatakan...

Masalah bukankah persoalan yang tidak sesuai dengan keinginan kita? dengan demikian masalah datang dati kita baik langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian Yang bisa menyelsaikan maasalah adalah diri kita sendiri

javabis99 | Bisnis n Hobby Blog mengatakan...

artikel yg sangat bermanfaat sobat. salam.

Poskan Komentar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Jika berkenan, silahkan berikan komentar Sahabat.
Jangan pernah ragu untuk beropini atau berdiskusi disini.

Mohon jangan spam, karena dengan berat hati Admin akan menghapus komentar yang dianggap spam dan yang dianggap dapat mengganggu para pembaca artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup.

Sekali lagi terima kasih.

Sukses Selalu...

MARIO TEGUH CORNER - KATA BIJAK DAN MOTIVASI MARIO TEGUH

NILAI MEREKA BAGI ANDA HANYA SETINGGI PENGHORMATAN ANDA KEPADA MEREKA.
NILAI DARI SETIAP PRIBADI DALAM KEHIDUPAN ANDA, ADALAH NILAI DARI KEHIDUPAN ANDA.
JANGANLAH HANYA HIDUP UNTUK DIRI SENDIRI
ANDA AKAN MUDAH TERPEROSOK DALAM KESEDIHAN DAN KEPUTUS-ASAAN, JIKA YANG ANDA PIKIRKAN HANYA DIRI ANDA SENDIRI
(MARIO TEGUH - ANDA HANYA MENJADI SIAP UNTUK HAL-HAL YANG ANDA SIAPKAN)
ADVERTISEMENT AREA


Page copy protected against web site content infringement by Copyscape