RENUNGAN DAN MOTIVASI: JANGAN KITA LUPAKAN PROSES

Posted on 28 Oktober 2009 by Blog Kesuksesan Hidup

Blog Kesuksesan Hidup | Renungan Dan Motivasi: Jangan Kita Lupakan ProsesSahabat blogger dan pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, dalam keseharian, ketika melihat seseorang dengan tingkat kesuksesan yang melebihi tingkat kesuksesan kita, seringkali kita, sahabat dan saya berkata, "Betapa indahnya hidup orang itu", "Pasti hidupnya bahagia", "Alangkah senangnya jika saya memiliki kesuksesan seperti dia", dan kata-kata lainnya, yang pada dasarnya menggambarkan betapa 'beruntung'-nya seseorang yang memiliki tingkat kesuksesan yang melebihi tingkat kesuksesan kita, dan betapa inginnya kita untuk memiliki kesuksesan seperti kesuksesan orang tersebut.

Sahabat, pernahkan terlintas dipikiran kita bahwa untuk mencapai kesuksesan yang mereka miliki sekarang, ada proses yang harus mereka lewati? Terbayangkah oleh kita apa yang mereka alami selama proses untuk meraih kesuksesan tersebut? Terbayangkah oleh kita seberapa besar pengorbanan atau bahkan penderitaan yang harus mereka alami selama proses tersebut?
Memang terkadang ketika kita melihat kesuksesan seseorang, kita hanya melihat hasil akhir, dan terlupakan atau tanpa terpikir oleh kita proses yang harus dilewati atau proses yang terjadi dalam pencapaian hasil tersebut.

Sebelum saya lanjutkan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena pada kesempatan kali ini saya belum bisa memenuhi janji saya untuk menulis artikel tambahan sebagai bahan Renungan kita tentang kesabaran, seperti yang saya katakan pada artikel saya sebelumnya yaitu Renungan: Arti Dari Kesabaran. Artikel tersebut akan saya tulis pada kesempatan lain. Sekali lagi saya mohon maaf.

Lanjut...

Berbicara mengenai proses, pernah sedikit saya bahas di dua artikel saya sebelumnya, yaitu: Renungan: Arti Dari Kesabaran dan Hukum Sebat Akibat. Jika ada waktu dan berkenan, silahkan sahabat baca lagi kedua artikel tersebut.

Proses, ya proses, banyak faktor yang menentukan tingkat kesuksesan kita, dan menurut saya, salah satu faktor pentingnya adalah proses, yaitu bagaimana kita menjalani proses dalam pencapaian kesuksesan kita, termasuk bagaimana cara kita berpikir, menyimpulkan, mengambil keputusan dan menyikapi setiap hal dan atau kejadian dan juga masalah yang terjadi, serta bagaimana kita memaknai dan mengambil pelajaran dari setiap hal atau kejadian yang kita alami selama proses tersebut.

Saya teringat akan sebuah Kata Bijak yang mengatakan:
"There's no elevator to success, you have to take stairs" (Tidak ada elevator untuk meraih kesuksesan, anda harus melalui tangga-tangga).
Dalam pengertian singkat, arti dari Kata Bijak diatas menurut saya adalah sebagai berikut:
Bahwa kesuksesan tidak dapat kita raih secara cepat, atau dengan kata lain, tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan. Untuk meraih kesuksesan kita harus melewati berbagai tahapan atau proses.

Berikut ini saya berikan sebuah contoh yang akan membuktikan betapa pentingnya sebuah proses.
Misalnya di kantor tempat kita bekerja, ketika kita melihat rekan kita yang memiliki jabatan lebih tinggi dari kita, kita berkata "Seandainya saya memiliki jabatan seperti dia, saya pasti akan menjadi lebih bahagia"
Pertanyaannya: Benarkah demikian? Benarkah kita akan lebih bahagia jika kita memiliki jabatan seperti rekan kita itu?
Seandainya secara tiba-tiba kita diberikan kesempatan untuk memiliki jabatan seperti rekan kita itu, apa yang akan kita lakukan? Mampukah kita melaksanakan berbagai tugas dan tanggung jawab dari jabatan tersebut? Berhasilkah kita?
Saya meragukan hal itu...
Begini...
Terlepas dari faktor-faktor lain, keraguan saya ini disebabkan karena ada kemungkinan, dalam menjalani proses, kita berbeda dengan rekan kita itu, dengan kata lain kita tidak memantaskan diri kita terhadap jabatan yang kita ingini melalui proses yang sudah kita lalui, sehingga pada kenyataannya, kita memang belum pantas terhadap jabatan itu.

Ingatlah sahabat...
Bahwa pada proseslah kita akan belajar tentang banyak hal yang akan membesarkan dan menguatkan diri kita, pada proseslah kita akan menentukan apakah kita pantas atau tidak terhadap keinginan yang ingin kita raih.
Kita semua berhak untuk memperoleh apapun yang kita inginkan atau kesuksesan yang ingin kita raih, asalkan kita mau memantaskan diri kita terhadap keinginan/kesuksesan itu, dan semuanya itu akan terlihat pada proses yang kita lalui.

Catatan:
Contoh ini bisa diterapkan di semua kegiatan kita, misalnya kita sebagai pelajar (karir diganti dengan juara kelas atau prestasi lain), kita sebagai mahasiswa (karir diganti dengan Indeks Prestasi atau prestasi lain) dan kegiatan-kegiatan kita lainnya.

Nah sahabatku...
Mari kita jalani proses yang sedang berjalan ini dengan selalu ber-pedoman dan melihat kedepan pada kesuksesan yang ingin kita raih, besarkan dan kuatkan diri kita melalui proses ini, sehingga pada waktunya nanti, pantaslah kita akan kesuksesan yang ingin kita raih.

Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi sahabat.
Terima Kasih.


Sukses Selalu,

Blog Kesuksesan Hidup






Silahkan Baca Juga Artikel Terkait (Related Post) Berikut:

65 komentar:

Tampilkan/Sembunyikan Seluruh Komentar

♥ria♥ mengatakan...

iyah manusia hidup memang ada prosesnya
dari dalam kandungan, lahir, bayi, anak2, remaja, dewasa,tua dan meninggal ^^
artikel yang bermanfaat ^^ kasih jempol deh hihihii

Unknown mengatakan...

salam sahabat
mantap nich...dapet memberikan motivasi,inspirasi serta bermakna mendalam thnxs ya...good luck

jhonson blog mengatakan...

dlm mengerjakan suatu hal memang proses lah yg mennentukan...tanpa proses semuanya akan nihil... :)

aldrix mengatakan...

terkadang manusia selalu lupa akan makna proses yang sesungguhnya, seperti ane pribadi.. mengapa kita selalu menganggap bahwa mereka bisa sukses hanya karena faktor keturunan ?? misalkan kedua ortu mereka kaya.. itulah yang membuat mereka sukses, dan sedikit sekali melewati sebuah proses..

dan kadang hati ini juga bertanya, saat kita menjalani pahitnya hidup yang mungkin karena faktor ekonomi, apakah kita bisa sukses seperti mereka yang sehari hari naik mobil, rumah mewah... ?!

tapi yang jelas.. orang sukses butuh perjuangan.. gak ada di bumi ini yang instan.. kita berusaha semampu yang kita bisa.. dan banyaknya kendala itu sebenarnya hanyalah ujian bagi kita smua.

*maaf klo curhat ..

great article.. keep in update brother!!!

Anonim mengatakan...

Yup setuju. Kita memang butuh proses. bahkan jika kita ingin mangga yang segar dari pohonnya, kita harus merawat dan menunggu pohon mangga berbuah dan matang.

Sariful mengatakan...

Terimakasih artikel motivasi nya... sangat bermanfaat :)

Sohra Rusdi mengatakan...

Setuju Sekali Bang Semua memang perlu proses jangan hanya mementingkan hasil

MIMPI mengatakan...

TULISAN ABANG EMANG BENER2 SEBUAH PEMIKIRAN YANG HEBAT.....

Dokter Blog mengatakan...

Artikel yang baik,
aku suka banged


Kunjungi juga diblog aku dan jangan lupa tinggalkan komentarnya

SUKSES SELALU

Bang Ancis mengatakan...

Hmmm,
Semua emang butuh proses, yang instant aja butuh proses walaupun sedikit, apalagi meraih kesuksesan yang nota bene kesuksesan yang kita itu membuat orang-orang berdecak kagum, bukankah harus membutuhkan dan melalui sebuah proses yang panjang dan melelahkan. Disini diperlukan ketelatenan dan kesabaran,

Thank Sob, artikelnya menarik sekali...

rumah blogger mengatakan...

kalo menurut saya tergantung pribadi orangnya, karena dalam kondisi berbeda terkadang kita tidak mampu. itulah kehidupan ya mas

sabirinnet mengatakan...

yang penting kita beryukur dengan karunia dan nikmat yang diberikan oleh Tuhan. walaupun nikmat itu sedikit, tetapi sangat besar dirasakan apabila kita pandai bersyukur,

Majaanan!! mengatakan...

Benar!! ianya percuma saja!! jadilah antara 5000 org pertama mendapatkan laporan percuma berbisnes dengan GDI Autoviral antara yg tercanggih di dunia!! cepat sebelum terlambat!! kerana ianya memang percuma!! dapatkannya sekarang!! :) moga suksess selalu..

Cyntia mengatakan...

segala sesuatu memang perlu proses ya kak.. kadang perlu waktu yang sangat lama untuk bisa mewujudkan segala keinginan... makasih ya kak udah sharing motivasinya...

Salam sukses selalu buat kak Vicky.. tetap semangat ya kak :)

Meylian mengatakan...

Artikelnya bagus banget ^^

Memang benar terkadang kita lupa bahwa orang yang sukses adalah orang yang telah melalui proses yang relatif panjang, dimana selama proses itu, orang yang sukses tersebut mengalami berbagai hal yang karena apa yang dilakukannya, menjadikan orang tersebut pantas terhadap kesuksesannya...

Vicky mengatakan...

@ All:
Makasih sahabat atas semua dukungannya terhadap saya dan Blog Kesuksesan Hidup.

Sukses Selalu...

jimox mengatakan...

yap bener banget mas, kita nggak bisa meraih sukses dengan instan. semuanya butuh proses.
sukses terus buat mas.... :)

blogbumilangit mengatakan...

Sukses kata yang mudah diucapkan, tapi tidak setiap orang dapat dengan mudah meraihnya. saya setuju sahabat bahwa untuk meraihnya diperlukan pengorbanan yang tidak kecil. Malah ada yang mengatakan bahwa kesuksesan anda sebanding dengan pengorbanan yang telah engkau berikan untuk meraih sukses itu. Karena itu jangan bermimpi meraih sesuatu hanya dengan usaha yang kecil. Marilah kita bekerja keras untuk meraih sukses itu.

Bisnis n Hobby mengatakan...

Posting yg baik sekali utk bahan renungan.

Vicky mengatakan...

Saya mohon maaf karena saya harus menghapus beberapa komentar yang saya rasa tidak sepantasnya ditampilkan...

Sukses Selalu...

masterGOmaster mengatakan...

menggapai kesuksesan adalah awal dari sebuah perenungan sesuatu tanpa kita renungkan terlebih dahulu tak akan menggapai kesuksesan.terima kasih atas sharenya

sabirinnet mengatakan...

hari ini lagi benah2 banner,ternyata banner mas sudah lama ditempat saya, padahal dulu sdh saya konfirmasi mungkin mas kelewatan aja, hehee

tolong dipasang juga mas ya, supaya tukeran linknya tidak sia-sia. makasih nich sukses selalu.. :)

moenas mengatakan...

mantabbb browww,,,
jadi makin semangat nih

Sohra Rusdi mengatakan...

saya lihat proses sahabat yang wahh udah pr 3 dengan visitor yang banyak buangett

Sohra Rusdi mengatakan...

Saya tahu sahabat agar blog anda bisa seperti sekarang pasti memerlukan proses, terima kasih nice posting

lusi mengatakan...

Good one :)

Mengembalikan Jati Diri Bangsa mengatakan...

keren kata2nya bro...
visit juga
www.kumpul-blogger.blogspot.com

Dinoe mengatakan...

Mantap motivasinya...hidup memang penuh proses..pedoman dan arah sangat di butuhkan

FATAMORGANA mengatakan...

Mantap sobat...
Sama halnya dengan mengajar,...
Kita tidak boleh mengajar siswa bagaikan makan ikan dengan langsung menyuguhkan ikannya. Tapi kita harus memberi dia pancing untuk mencari ikan sendiri,.... sehingga metode discovery bisa diterpkan. Menemukan sendiri sebuah proses.

putra mengatakan...

Diksinya keren banget Om,,
emang sukses itu awalnya ya susah dulu,, kek aku wahahagaga,

Blog Kesuksesan Hidup mengatakan...

@ jimox, Bisnis n Hobby, masterGOmaster, moenas, kumpul-blogger, Dinoe:
Makasih sahabat atas dukungannya :)
Sukses Selalu...

@ sabirinnet:
Makasih sahabat...
Maaf mungkin saya lupa, iya nanti saya pasang linknya :)
Sukses Selalu...

@ Munir Ardi:
Hahaha... PR 3 itu hanya kebetulan sahabat...
Yang penting keep blogging aja :)
Makasih atas dukungannya...
Sukses Selalu...

@ lusi:
Hi Lusi my great friend, thanks for your support, nice to know that :)
Hope success will always be yours...

@ Seti@wan Dirgant@Ra:
Wah guru senior, sudah tidak diragukan lagi nih :)

Benar Bang, memang pada situasi tertentu terkadang kita tidak boleh langsung memberikan seseorang "ikan" karena dengan begitu, disamping dampak negatif lainnya, berarti kita juga secara tidak langsung menghilangkan proses pembelajaran bagi seseorang.
Dengan memberikan seseorang "kail" dalam usahanya untuk memperoleh ikan, disamping beberapa manfaat positif lainnya, berarti kita juga telah membantu orang tersebut untuk memahami bahwa dalam mencapai sesuatu yang diinginkan, dia harus melakukan usaha untuk mencapainya, dan dengan demikian kita juga telah membantu seseorang untuk lebih menghargai hasil dari apa yang telah dia raih.

Makasih Bang :)
Sukses Selalu...

Sebuah Notes Singkat mengatakan...

kebanyakan orang termasuk saya sendiri.. untuk menjalani sesuatu proses itu sangat sulit apalagi kalo ga sabar...

KangBoed mengatakan...

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk
MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA
Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

ireng_ajah mengatakan...

Nice postingan sobat..

KangBoed mengatakan...

SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUU

KangBoed mengatakan...

BERTANGGUNG JAWAB akan setiap pekerjaan kita

KangBoed mengatakan...

TANGGUNG JAWAB atas PEKERJAAN

TANGGUNG JAWAB kepada ALLAH dan MANUSIA

KangBoed mengatakan...

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

KangBoed mengatakan...

MARI RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

KangBoed mengatakan...

Dah lama enda kelihatan maaasss

KangBoed mengatakan...

NASIHAT yang MANSTAAAAAAAAAAAAABBBBSSS

KangBoed mengatakan...

SAYANG SERIBU SAYANG manusia zaman ini terbalik semuanya..
KERJA untuk HASIL
bukan KERJA sebaik baiknya tanpa memikirkan HASIL

KangBoed mengatakan...

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllll

writer-info mengatakan...

good advise

Liverpool Lovers mengatakan...

kereeennnnn bgt gan..!!
mampir yah.. blog baru neh.. ^_^

Anonim mengatakan...

jalan2 malem, eh ngeliat postingan yang inspiratif.. semangaaattt!!!

blog penghasil uang mengatakan...

Bahwa kesuksesan tidak dapat kita raih secara cepat, atau dengan kata lain, tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan. Untuk meraih kesuksesan kita harus melewati berbagai tahapan atau proses. Betul itu bahkan untuk dapat uang pertama kali dari blog, saya membutuhkan 1 tahun, dan ini masih jauh dari cita-cita saya :)

Unknown mengatakan...

kita semua berhak untuk sukses, untuk menjadi apapun yang kita inginkan tapi kita harus kerja keras untuk mewujudkannya. betul, kesuksesan itu milik semua orang tapi tak semua orang bisa sukses. salam.

online mengatakan...

setuju bos....semua memang butuh proses... dengan proses semua akan terjadi

psycha mengatakan...

Just came to visit.
Good day.

Blog Bisnisku mengatakan...

kesuksesan tidak selalu berarti kebahagiaan sahabat.....tapi kebahagiaan seringkali diartikan sebagai buah dari kesuksesan...bingung...sama atuch

Celebrities mengatakan...

mampir mas, postingan sangat menarik mas. saya follow dan sekalian tukar link ya mas?, jangan lupa ya di follow dan dilink balek ya, terima kasih sebelumnya sahabatku!

La ogi mengatakan...

iya,,,kita tdk boleh terlepas dari proses....kita saja hidup di dunia hanya berproses.....

mantap banget ya tulisannya....

tidak ada sesuatu yang terjadi tanpa proses.....

arkasala mengatakan...

setuju sekali saya untuk berorientasi pada proses untuk mendapatkan hasil.
Trims.
Salam :)

Celebrities mengatakan...

Kunjungan rutin sahabatku, jangan lupa ya link saya dipasang, link sahabat sudah lama saya pasang! terima kasih sebelumnya sahabatku

Dokter Blog mengatakan...

Numpang tenar di blog sobat


Rekor baru video YouTube terpecahkan. Guinness Book of World Records menobatkan sebuah iklan dari perusahaan air mineral Evian, sebagai iklan online yang paling banyak disaksikan sepanjang masa.

Iklan berdurasi 1 menit itu memang mempunyai beberapa faktor penarik sehingga dilihat begitu banyak pengakses. Para bayi tampak menari dan bermain sepatu roda diriingi lagu bertajuk Rapper’s Delight.
http://www.ikhwaners.co.cc/2009/11/video-bayi-joget-di-youtube-cetak-rekor.html?

Celebrities mengatakan...

kunjungan sore sahabatku, sebagai tambahan, sesama pr3 jangan lupa ya mas link saya di pasang, link mas sudah lama saya pasang.. terima kasih sahabatku sebelumnya, semoga engkau bersama keluarga selalu dlm lindungan Allah, amin

Dokter Blog mengatakan...

5 Kelebihan Google Chrome OS !
Mari kita gunakan Software Open Source salah satunya adalah Google Chrome OS dan mari kita kobarkan semangat Kerja Keras Adalah Energi Kita.

Miawruu mengatakan...

kita amnusia perlu berusaha, yaitu menciptakan sebuah proses yg baik terhadap hal yg kita lakukan, hasilnya serahkan kpd Allah. Nice share bro^^

Sohra Rusdi mengatakan...

kadang memang kita cemburu dengan kesuksesan orang tanpa ingin tahu bagaimana mereka mecapai kesuksesan itu kita hanya ingin sukses secara instan

Sohra Rusdi mengatakan...

teruslah berbagi dengan artikel-atikel yang luar biasa yang dapat membantu sahabat-sahabat dalam menjalani kehidupan ini

Dea Amelia mengatakan...

saya ingin bertanya...

orang jadi kaya karena sukses atau orang menjadi sukses karena kaya?

Cara Membuat Website mengatakan...

setuju, jangan lupakan proses.
Bahkan rasanya proses itu lebih penting daripada hasil, bukan berarti hasil tidak penting. fase proseslah yang membentuk pribadi2 kita. seandainya pun hasilnya tidak memuaskan nantinya, tapi karena telah ditempa dengan segala macam kondisi saat fase proses, maka tidak jarang menghasilkan pribadi yang berpikiran positif, semangat, pantang menyerah, tekun, sabar dan ulet.

Cara Membuat Web

nightemperor16.blogspot.com mengatakan...

wah....kata2 mutiara...bgus c mas...tp susah ngejalaninnya
hehe

heru mengatakan...

wah bagus juga tuh motivasinya

Posting Komentar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
Jika berkenan, silahkan berikan komentar Sahabat.
Jangan pernah ragu untuk beropini atau berdiskusi disini.

Mohon jangan spam, karena dengan berat hati Admin akan menghapus komentar yang dianggap spam dan yang dianggap dapat mengganggu para pembaca artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup.

Sekali lagi terima kasih.

Sukses Selalu...

MARIO TEGUH CORNER - KATA BIJAK DAN MOTIVASI MARIO TEGUH

NILAI MEREKA BAGI ANDA HANYA SETINGGI PENGHORMATAN ANDA KEPADA MEREKA.
NILAI DARI SETIAP PRIBADI DALAM KEHIDUPAN ANDA, ADALAH NILAI DARI KEHIDUPAN ANDA.
JANGANLAH HANYA HIDUP UNTUK DIRI SENDIRI
ANDA AKAN MUDAH TERPEROSOK DALAM KESEDIHAN DAN KEPUTUS-ASAAN, JIKA YANG ANDA PIKIRKAN HANYA DIRI ANDA SENDIRI
(MARIO TEGUH - ANDA HANYA MENJADI SIAP UNTUK HAL-HAL YANG ANDA SIAPKAN)
ADVERTISEMENT AREA


Page copy protected against web site content infringement by Copyscape